Saturday, 21 of July of 2018

HOME

PENGUMUMAN


Berdasarkan hasil penilaian para moderator sesi seminar panel Seminar Nasional XIV MAPEKI, maka diputuskan oleh panitia bahwa untuk presenter oral terbaik diberikan kepada makalah yang berjudul :

  1. Preferensi Masyarakat Sekitar Hutangunung Kendeng Jawa Barat, terhadap Jamur Alam sebagai Sumber Pangan dan Obat. Penyaji makalah : Hesti Tata Lestari (Pusat Penelitian dan Pengembangan Konservasi dan Rehabilitasi).
  2. Karakterisasi Sifat Fisikokimia Minyak Atsiri dari daun kayu putih (Melaleuca leucadendron Linn.) yang tumbuh di Kalimanan Timur. Penyaji makalah : Irawan Wijaya Kusuma (Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman).

Berdasarkan hasil penilaian para anggota Komite Ilmiah (Scientific commitee) Seminar Nasional XIV MAPEKI, maka diputuskan oleh panitia bahwa untuk poster terbaik diberikan kepada poster yang berjudul :

Kualitas Perekatan kayu Mahoni setelah Mengalami Perlakuan Panas “.  Penyaji poster : Ragil Widyorini (Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada).

UPDATE


Untuk sususan acara terbaru silakan kunjungi halaman PROGRAM, tersedia versi lengkap dalam format berkas PDF yang dapat diunduh.

BACKGROUND
Meskipun hutan kita sangat luas, pasokan kayu secara nasional telah menurun tajam. Hal ini mengancam tidak terpenuhinya permintaan kayu lokal dan meningkatkan tekanan pada sisa hutan yang ada. Standing stock di areal hutan kita akan didominasi oleh kayu-kayu yang inferior/berkualitas rendah (diameter kecil, keawetan rendah, sifat fisika dan mekanika rendah). Oleh karena itu, di masa mendatang masyarakat  harus  mengandalkan kayu inferior tersebut. Hal ini membutuhkan pengolahan kayu yang terintegrasi untuk memanfaatkan kayu inferior menjadi produk bernilai tinggi di samping juga dapat menghasilkan produk dari limbah.  Teknologi  yang dibutuhkan bisa dalam tingkat rendah (sederhana) sampai ke tingkat rumit (nano-science) tetapi harus digabungkan dalam suatu proses yang terintegrasi dan dapat diterapkan terutama oleh industri kecil dan menengah.

Masyarakat Peneliti Kayu Indonesia yang didirikan tahun 1996 telah mengadakan seminar tahunan dimulai tahun 1998 di Bogor. Dengan keanggotaan yang beragam, dari peneliti, akademisi, praktisi maupun pemerhati bidang-bidang ilmu teknologi hasil hutan, seminar ke-14 ini bertujuan untuk mempercepat diseminasi hasil-hasil penelitian terkait serta mempromosikan makalah-makalah bermutu untuk dipublikasikan di jurnal ilmiah nasional dan internasional.

Seminar Nasional MAPEKI XIV mengundang semua pihak untuk menyumbangkan makalah pada tema yang kami tentukan, selengkapnya klik halaman Call for Paper.